Sudahkah bisnis dan perusahaan kita mengalami kemajuan pesat dan sesuai
harapan? Ingin lebih maju dan menguasai pasar tapi terkendala ruang dan waktu.
Mari kita mencoba inovasi dalam marketing kita agar mendapatkan nilai tambah
yang lebih kedepannya. Ya, Facebook adalah salah satu jawabannya, karena hampir
semua orang dijaman sekarang pegang hape berteknology internet, belum lagi yang
memakai komputer. Dengan melek pemasaran melalui sosial media insyaalloh bakal
lebih moncer usaha dan kegiatan sosial kita. Mari berkenalan dulu dengan
facebooknya dan senjata efektifitas apa yang terkandung didalamnya.
Facebook adalah sebuah layanan
jejaring ssosial yang
diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook,
Inc. Facebook
merupakan salah satu media sosial yang diciptakan oleh Mark Sucerburg dan teman
temannya dari Harvard University Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, dan lebih dari separuhnya menggunakan handset telepon selular. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat
menggunakan situs ini..
Setelah
itu, pengguna dapat membuat profil pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman
dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui
profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan
ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau
perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka
ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Dimana media sosial ini berbasis
di internet sebagai tempat bersosialita. Orang orang login dan berinteraksi
dengan orang lain yang disebut social experince. Secara umum,orang main
facebook untuk melakukan beberapa hal berikut:
1. Berinteraksi dengan teman,
keluarga , relasi bisnis dan siapa saja yang diketahui
2. Membuang jenuh dan menghabiskan
waktu dengan nge-game di facebook
3. Mencari Informasi tentang
sesuatu yang diminati, misalnya grup band , artis dll
4. Gosip dan pamer misalnya barang yg dipunyai, sedang pergi
kemana, barang yang kita punya, termasuk juga pacar dan keluarga.
Selain itu, Juga ada yang berbagi ilmu dan berjualan secara online (mulai menjamur).
Selain itu, Juga ada yang berbagi ilmu dan berjualan secara online (mulai menjamur).
Ingat, sangat jarang orang yang
akan respect dengan apa yang kita jual maupun toko kita. Akan tetapi akan
sangat efektif apabila kita yang respect dengan mereka dalam bersosialita
sehingga perlu diciptakan kedekatan emosi yang pada akhirnya kita bisa melakukan
sales atau penjualan.Secara lebih rinci, alasan apa saja yang mendasari kita
perlu men-facebook an jualan atau konsep kita.
Mengapa menggunakan facebook sebagai media promosi kita:
1. Jml pengguna besar melebihi 1 Milyar ,
Indonesia sekitar +50 Juta Pengguna, melebihi media sosial lain.
2. Berbagai keperluan dan kelompok
3. Trafic mengalahkan google, sehingga bisa
mendatangkan pengunjng ke web, toko online,
4. Bisa promosi apapun mulai dari kegiatan
sosial dampai bisnis
5. Mampu menyebarkan informasi secara viral
dan secepat kilat
6. Punya sasaran iklan secara tertarget,
berdasarkan usia, status pernikahan dan dimana bekerja. Selain itu juga dimana
iklan akan ditampilkan berdasarkan geografi dan kepada siapa yang punya hobi
yang sesuai dengan sasaran kita. Juga bisa ditawarkan kepada konsumen
kompetitor
7. Menguji ketertarikan pasar terhadap
produk kita sehingga meminimalisir biaya riset maupun terhindar dari kerugian
jika hasil penerimaan pasar jika ternyata pasar tidak menerima dengan baik. Sehingga,
kegiatan riset dan development bisa murah, mudah dan tertarget
8. Bisa membangun hubungan jangka panjang
yang bisa kita bangun dengan melalui humor, solusi kehidupan, dll sehingga
kualitas kedekatan akan lebih baik dan lebih lyal dengan usaha yang kita bangun.
9. Marketing facebok bisa menghasilkan back
end marketing yang telah telah terbangun dan dekat secara emosional, mereka
akan tetap membeli apa yang kita tawarkan dengan harga berapapun.
10. Facebook sangat efektif dalam meningkatkan SEO website milik kita sehingga sangat baik dalam hal penjualan, maupun spreading konsep.
10. Facebook sangat efektif dalam meningkatkan SEO website milik kita sehingga sangat baik dalam hal penjualan, maupun spreading konsep.
Pondasi Facebook marketing agar bisa menghasilkan sesuai dengan yang kita harapkan, maka perlu kita perhatikan apa yang seharusnya.
1.* Brand awarnes biar eksis didunia maya mendukung dunia nyata
* Ujung
tombak sales
* Interaksi dengan para pelanggan agar hubungan dg pelanggan makin erat
* Interaksi dengan para pelanggan agar hubungan dg pelanggan makin erat
* Research
dan development untuk pengembangan , dengan mengacu pada masa lalu dan untuk
membangun masa depan perusahaan dengan facebook.
Apapun tujuan (goal) haruslah berujung pada profit yang kita dapatkan meningkat, untuk itu, kita bisa lakukan research dan evaluasi hasil, sehingga mendatangkan sales lebih banyak yang berujung profit. Ingat, tujuan utama adalah bukan hanya sekedar bagus difacbook,banyaknya fans, dan komentar akan tetapi bagaimana implikasi facebook dalam mendongkrak bisnis kita.
Apapun tujuan (goal) haruslah berujung pada profit yang kita dapatkan meningkat, untuk itu, kita bisa lakukan research dan evaluasi hasil, sehingga mendatangkan sales lebih banyak yang berujung profit. Ingat, tujuan utama adalah bukan hanya sekedar bagus difacbook,banyaknya fans, dan komentar akan tetapi bagaimana implikasi facebook dalam mendongkrak bisnis kita.
2.
Fakta
Adalah
kebanyakan orang login facebook untuk bersosialita
3.
Pemahaman yang tepat dibalik facebook
marketing
Facebook
adalah sosial media yang login ke facebook untuk bersosial media. Jika ingin
marketing sosial di facebook harus ada sosial ekperience menjadi buying
eksperience. Proses inilah yang sering tidak dipahami oleh marketer lewat
facebook
4.
Fitur iklan
Facebook
punya media promosi dengan 2 macam yaitu gratisan dan berbayar. Akan tetapi
teknik berbayar menjadi tested atau terbukti menghasilkan sales lebih banyak
dengan teknik beriklan yang benar.
Dasar penggunaan
facebook adalah dengan merubah social ekperience menjadi buying ekperience. Maka
seorang facebook marketer perlu menciptakan social ekperience secara lebih baik
dan tertarget.
So, mulailah membuat
facebook usaha kita dengan suport yang baik dan ciptakan kedekatan emosional
yang baik. Jangan lupa buatlah fan page dengan telling story yang baik pula
untuk selalu update dalam memberikan informasi.
Berfacebook secara
produktiflah biar penghasilan datang
menghampiri. Ingat, ada aturan dan peraturan yang terdapat di facebook yang
harus dipatuhi agar tetap eksis dan bisa terus menghasilkan nilai tambah
kedepan. Untuk lebih dalam dan lebih lebih fokus, silahkan pelajari lebih
lanjut, dan kami sarankan mengacu pada ahlinya.
Apapun
bisnis kita dan kegiatan sosial kita,akan lebih efektif kalo didudukung dengan
media sosial facebook untuk mempromosikannya.
Tetap
semangat dan sehat
Worm
House Meia Farm
Daftar Bacaan:
Wikipedia
Bahasa Indonesia/facebook
Intisari Video
Tutorial Facebook Marketing Ninja
Mindset
Facbook Marketing.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar